Dewan Sintang Minta Pemkab Rencanakan Program Prioritas

www.ujungjemari.com, SINTANG- Badan Anggaran DPRD Sintang melalui Juru bicaranya , Tuah Mangasih menyarakan kepada Bupati Sintang melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam penyusunan program kegiatan untuk mengutamakan yang benar-benar prioritas sehingga pelaksanaan kegiatan dapat memaksimalkan penyerapan anggaran sesuai target yang ditetapkan.

“disarankan juga kepada pemerintah supaya memastikan alokasi anggaran tepat guna dan sasaran penyerapan tidak hanya sekedar menghabiskan anggaran namun dari realisasi anggaran tersebut harus memberikan dampak yang luas, serta bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat,” ujar  Anggota Komisi C DPRD Sintang, Tuah Mangasih dalam Rapat Paripurna ke-7 DPRD Sintang, Jumat (28/06/2019) kemarin.

Pihaknya menyayangkan realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Derah (APBD) Pemerintah Kabupaten Sintang Tahun 2018 tidak mencapai target. Penyerapan APBD hanya sebesar 88,42%. atau sebesar 1,87 trilyun dari target sebesar 2,07 trilyun.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan dari kajian yang dilakukan pihaknya terhadap Raperda Laporan Pertanggujawaban pelaksanaan APBD Sintang Tahun anggara 2018 masih terdapat Silpa yang besar di akhir Tahun.

“Sangat kita sayangkan, sebetulnya besaran dana tersebut masih dapat dipergunakan untuk banyak program dan kegiatan yang akan secara langsung dirasakan oleh masyarakat pada khususnya, terutama pada insfrastruktur, pendidikan, kesehatan dan perekonomian masyarakat Kabupaten Sintang. kita sayangkan itu tidak terserap dengan baik, maka kita harapkan pada tahun berikutnya pemerintah daerah lebih memperhatikan penggunaan anggaran agar tidak menjadi silpa yang besar diakhir tahun anggaran,” ungkapnya.

Baca Juga :

Bupati Sintang Jarot Winarno mengakui serapan APBD Sintang tahun 2018 tidak mencapai target.dia menjelaskan pengelolaan belanja daerah dalam APBD Pemerintah Kabupaten Sintang Tahun 2018 dari target sebesar 2,07 trilyun dapat terealisasi sebesar 1,87 trilyun atau dengan tingkat penyerapan anggaran sebesar 88,42%. Uraian belanja daerah kabupaten sintang pada tahun anggaran 2018 terdiri dari belanja tidak langsung ditargetkan sebesar 1,17 trilyun dapat terealisasi sebesar 1,07 trilyun atau 91,57 %.

“Terimakasih atas masukan dan saran dari DPRD Sintang. masukan tersebut akan menjadi bahan evaluasi bagi kami dalam membangun Kabupaten Sintang kedepan,” pungkasnya. (Tim-Red)

292 Words

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *