Pemerintah Membutuhkan PKK

www.ujungejamari.com, SINTANG- Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan kehadiran Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang sangatlah dibutuhkan dalam pembangunan. Karena hal tersebut mundukung program pengentasan kemiskinan.

Menurut Jarot , tanpa PKK  program pemerintah akan sulit dituntaskan. Kalau tidak dibantu oleh PKK, maka tidak akan bisa berhasil bagi Pemerintah dalam mengatasi kemiskinan, stunting dan masalah sosial masyarakat lainnya di Sintang. Saat ini kata Jarot tingkat kemiskinan di Kabupaten Sintang masih tinggi.

“Masalah kemiskinan kita di Sintang ini masih ada sekitar 10,35%, dari total penduduk yang ada, sehingga dengan gerakan 10 Program PKK, bisa mensiasati dan membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan,” kata Jarot saat membuka kegiatan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK yang ke-47 tahun 2019 tingkat Kabupaten Sintang, di Gedung Pancasila Sintang, pada hari Selasa, (25/06/2019).

Karena kata Jarot, program PKK itu ada menyangkut sandang, pangan, kesehatan, perencanaan, tatalaksana rumah tangga, dan gotong royong. Tentu hal tersebut sangat endukung sekali. Jarot juga mengajak seluruh pengurus PKK Kabupaten Sintang untuk meningkatkan kinerjanya.

“Mari tingkatkan kinerja kita, apapun programnya, kita tingkatkan 10 Program PKK, dengan menyasar kepada keluarga agar lebih sehat dan sejahtera yang berbasis dasawisma,” pungkasnya.

 Jarot menilaitTema kegiatan ini selaras dengan program Pemkab Sintang, yaitu mengentaskan kemiskinan, sehingga peran PKK sangat penting dalam program ini, karena PKK sasarannya adalah keluarga yang berbasis pada dasawisma,” ujar Jarot.

Jarot juga menyempatkan diri untuk langsung meninjau Pangan Murah yang diselenggarakan oleh PKK bekerjasama dengan Bulog Sintang sebelum pembukaan kegiatan tersebut berlangsung. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan makanan dan minuman tradisional, kerajinan tangan, dan pernak-pernik buatan ibu-ibu PKK tingkat Kecamatan se-Kabupaten Sintang.

Baca Juga :

Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan, Yosefina Biong mengatakan, bahwa tujuan kegiatan ini diselenggara dalam rangka untuk memasyarakatkan gerakan PKK yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan dan memasyarakatkan pemahaman tentang PKK, bagi seluruh komponen bangsa tentang keberadaan, tujuan, daripada program dan kegiatan PKK, serta memberikan motivasi bagi kader PKK untuk mampu melaksanakan program PKK,” katanya.

Yosefina menambahkan, bahwa PKK Kabupaten Sintang menggelar berbagai kegiatan dan lomba pada peringatan tersebut. Untuk Kelompok Kerja 1 itu difokuskan pada lomba asuh anak dan remaja, kemudian untuk Kelompok Kerja 2 yaitu lomba keterampilan anyam-anyaman dan kue khas daerah.

“Kami juga mengadakan Pangan Murah yang bekerjasama dengan Bulog Sintang,” pungkasnya.

Sementara Anggota DPRD Sintang, Daniel Banai mengharapkan peran PKK dapat dirasakan di tengah masyarakat dan dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dia menyebutkan dalam upaya mengatasi permasalahan kemiskinan dan Stunting di Sintang  diperlukan peran semua pihak baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat termasuk PKK.

“Untuk itu, saya menaruh harapan besar kepada PKK agar dapat terus meningkatkan kontribusinya dalam pembangunan Kabupaten Sintang. Sebagaimana kita ketahui PKK memiliki peran penting dan strategis bagi pembangunan yang memiliki dasa wisma sebagai unit PKK terdepan misalnya turut berperan dan sangat menentukan bagi keberlanjutan berbagai program lainnya,” tuturnya.

Dia melanjutkan adanya masalah kurang gizi, stunting di Kabupaten Sintang Ini perlu bantuan TP PKK untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan gizi masyarakat.

“Kabupaten Sintang sangat membutuhkan perhatian PKK dan bimbingan untuk memajukan PKK agar bisa membantu pemerintah daerah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Tim-Red)

501 Words

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *