Dewan Minta Pemda Angarkan Kembali Dana BOS

oleh
Anggota DPRD Sintang, Senen Maryono

 

Anggota DPRD Sintang, Senen Maryono

www.ujungjemari.com, SINTANG –  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Kabupaten Sintang, Senen Maryono meminta kepada pemerintah daerah mengangarkan kembali dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk di Dinas Pendidikan tingkat sekolah dasar  (SD) dan SLTP. Pasalnya peran dana BOS tersebut berkontribusi untuk mendukung peningkatan di dunia pendidikan.

“itu kita tanyakan, apa yang menjadi dasar pertimbangan bahwa penyediaan dana BOS daerah yang bertahun-tahun sedang berjalan ternyata untuk SD dan SMP tidak dialokasikan lagi dalam APBD Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2019. Kita tau peran dana BOS itu besar kontribusinya,” kata Sene belum lama ini.

 Saat ini Senen menilai dana BOS reguler dari pemerintah pusat melalui dana bantuan dinas Provinsi yang ditransfer langsung ke sekolah belum mencukupi kebutuhan minimal operasional sekolah . Sementara sekolah tidak dibolehkan melakukan pungutan kepada orang tua siswa.

“artinya tidak bisa hanya mengandalkan dana rai pusat yang jumlahnya kecil, pemerintah daerah harus kembali menggarkan dana BOS untuk jenjang pendidikan yang memang leding sektornya di Dinas Pendidikan daerah,” kata pria yang pernah menjadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang ini.

Baca Juga: [related_posts]

Lebih lanjut kata Senen DPRD dan Eksekutif saat ini tengah membahas APBD, jika dilihat dari fungsi elementer APBD maka kata kuncinya adalah APBD merupakan instrumen pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat dalam satu tahun anggaran. Mencermati kondisi yang ada melihat ekonomi masyarakat yang sangat lesu kondisi objektif ini sangat perlu mendapat intervensi kebijakan pemerintah daerah yang konkretnya tertuang dalam APBD tahun 2020 hal ini semata-mata untuk menjaga dan melindungi kehidupan masyarakat Kabupaten Sintang.

“maka dari itu meminta khususnya kepada pemerintah Kabupaten Sintang melalui APBD tahun 2020 ini kita dapat memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat memfasilitasi mereka untuk memenuhi kebutuhan dasarnya serta menstimulus potensi masyarakat untuk bergerak sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” kata Senen.

Wakil Bupati Sintang Askiman mengatakan menyambut baik ususlan agar pemerintah daerah dapat menganggarkan kembali dana bos untuk tingkat sekolah dasar dan SLTP,  hal tersebut akan menjadi perhatian pemda. Kebijakan tersebut tentu harus menyesuaikan dengan prosi anggaran yang tersedia.

“untuk menganggarkan kembali kegiatan BOS tingkat SD sampai SMP dengan memperhatikan anggaran yang tersedia. Saran agar ada peningkatan penyediaan dana alokasi pendidikan yang diperuntukkan peningkatan pembelajaran disekolah dan peningkatan kemampuan kinerja guru, tentunya akan menjadi perhatian kami.” kata Askiman. (Tim-Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *